Vaksinasi Lansia Di Bantul Di mulai, Calon Haji Dapat Giliran Pertama

Vaksinasi Lansia Di Bantul Di mulai, Calon Haji Dapat Giliran Pertama

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 kepada lansia. Di lansir dari tehila-lashem.com, sebanyak 400 calon jemaah haji 2021 yang berusia lanjut mendapat giliran pertama untuk menerima vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Bantul, Selasa (6/4/2021).

1. 400 calon jemaah haji 2021 kategori lansia terima suntikan vaksin

Di kutip dari uggboots-australia.us.com/, Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja, mengatakan vaksinasi kepada lansia merupakan salah satu prioritas seperti instruksi dari Kemenkes. Lansia di nilai paling rentan terpapar COVID-19 dan dampaknya bisa lebih parah.

“Hari ini kita ‘kick-off’ vaksinasi COVID-19 untuk lansia dengan menyasar 400 calon jemaah haji 2021 kategori lansia,” katanya di Kantor Dinas Kesehatan Bantul, Selasa.

2. 130 ribu lansia di Bantul jadi sasaran vaksinasi

Pria yang akrab di sapa Gus Bud ini mengatakan pelaksanaan vaksinasi bagi calhaj lansia di lakukan selama dua hari. Setiap hari, di targetkan 200 calhaj menerima vaksinasi.

“Setelah selesai nantinya di lanjutkan vaksinasi lansia di puskesmas di 17 kecamatan di Bantul di sesuaikan dengan stok vaksin yang ada,” ucapnya.

Jumlah lansia di Kabupaten Bantul sendiri mencapai sekitar 130 ribu lansia. Mekanisme pendaftaran vaksinasi lansia di lakukan secara online. Selain itu, ada pendataan per padukuhan dan data lansia akan di kirim ke puskesmas di wilayah masing-masing untuk di beri jadwal pemberian suntikan vaksin.

“Namun lagi-lagi, pemberian vaksinasi tetap tergantung distribusi vaksin dari pemerintah pusat. Semakin banyak distribusi vaksin maka semakin cepat selesai vaksinasinya,” tuturnya.

3. Guru PAUD hingga SMP sederajat di targetkan selesai bulan Juni 2021

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan setelah menyelesaikan vaksinasi kepada nakes maka sesuai prioritas dari Gugus Tugas Kabupaten Bantul adalah guru yang di harapkan pada bulan Juni 2021 sudah selesai semua.

“Ini kaitannya dengan rencana pembelajaran tatap muka pada bulan Juli 2021. Namun ini untuk guru PAUD hingga SMP sederajat, untuk guru SMA sederajat kewenangan dari provinsi,” ungkapnya.

Sementara untuk pelaku wisata yang jumlahnya sekitar 1.000-an sasaran di targetkan selesai pada bulan April 2021 ini.

“Ya kita berharap pasokan vaksin dari pusat juga lancar. Karena sampai pekan ini stok vaksin hanya sekitar 5 ribuan vial atau hanya untuk 2.500 sasaran,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *