Perbedaan Budaya Jepang dan Korea Selatan

Perbedaan Budaya Jepang dan Korea Selatan

Perbedaan Budaya Jepang dan Korea Selatan

Perbedaan Budaya Jepang dan Korea Selatan, – Jepang dan Korea merupakan negara yang menjadi destinasi populer bagi para wisatawan untuk berlibur, namun tidak sedikit yang merasa bingung untuk menentukan mereka berlibur ke Korea ataupun Jepang, kedua negara memang memberikan penawaran yang bagus untuk menjadi tujuan wisata, meskipun berjarak tidak jauh Korea dan Jepang memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Melansir https://christian-mommies.com/, Memiliki wisata yang populer Jepang dan Korea Selatan adalah negara yang jika dilihat memiliki banyak kesamaan. Mulai dari wajahya yang mirip dan bahasa yang jika didengarkan seperti sama padahal sangat berbeda.

Namun, di balik orang menganggap bahwa Jepang dan Korea Selatan memiliki banyak kemiripan ternyata juga memiliki banyak perbedaan budaya jika berkunjung ke kedua negara tersebut.

YouTuber Korea Selatan, Jang Hansol yang pernah tinggal di Indonesia bersama Jerome Polin mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang bercerita mengenai perbedaan budaya Jepang dan Korea Selatan yang mereka rasakan di kanal YouTube Hansol yaitu Korea Roemit.

Cara makan orang Jepang dan Korea

Orang Jepang terbiasa makan dengan mengangkat mangkok. Orang Jepang jika melihat orang lain tidak mengangkat mangkok maka ketahuan bahwa orang tersebut bukan orang Jepang.

Sedangkan orang Korea menganggap bahwa mengangkat mangkok terlihat tidak sopan. Maka dari itu orang Korea jika makan piring atau mangkok berada di meja. Jika harus mengangkatnya biasanya pada akhir makan karena sisa makanan yang mengharuskan diangkat.

Di Jepang tidak ada online shopping

Dengan zaman yang semakin maju dan serbateknologi, adanya media sosial tentu dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Sama halnya Indonesia dan Korea adanya media sosial dimanfaatkan untuk menjual produk secara online. Semua orang bisa online shop untuk menjual berbagai produk.

Berbeda dengan Jepang, menurut Jerome di Jepang tidak ada toko daring. Adapun online shopping di Jepang biasanya dilakukan lewat Amazon.

Cara memberi salam di Jepang dan Korea

Menurut Hansol dan Jerome, cara memberi hormat atau salam orang Jepang dan Korea sama. Kedua negara tersebut sama-sama dengan cara membungkuk. Yang membedakan adalah jika orang Jepang membungkuk terlalu berlebihan daripada di Korea.

Di Jepang membungkuk berkali-kali karena siapa yang membungkuk atau memberi hormat paling terakhir itu adalah sopan. Sedangkan di Korea membungkuk atau memberi hormat hanya cukup satu atau dua kali saja.

Cara melakukan transaksi pembayaran

Di negara yang maju ternyata transaksi di Jepang masih menggunakan cash atau tunai. Menurut Jerome di daerah yang ia tempati jarang sekali ada pusat perbelanjaan atau restoran yang bertransaksi menggunakan kartu. Biasanya kartu digunakan saat akan menggunakan kereta.

Sedangkan di Korea hampir semua transaksi menggunakan kartu. Bahkan, jajan makanan gerobak atau street food menggunakan kartu. Biasanya yang bertransaksi secara tunai adalah orang asing atau anak kecil yang masih sekolah dan orang tua seperti lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *