Pengertian dan Alasan Pancasila Disebut Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa

Pengertian dan Alasan Pancasila Disebut Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa – Pancasila memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Dikutip dari http://tehila-lashem.com/ buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XII tulisan Aim Abdulkarim, dalam fungsinya ini, Pancasila disahkan bersamaan dengan disahkannya UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Arti dan Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara yang Perlu Diketahui Warga  Indonesia | Bola.com | LINE TODAY

PPKI sendiri dibentuk pada 7 Agustus 1945 sebagai pengganti dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Demikian dilansir dari IPS Terpadu 2B Kelas VIII karya Anwar Kurnia.  Menurut http://162.241.118.60/ Tugas organisasi ini adalah untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pemindahan kekuasaan dari pemerintah Jepang ke bangsa Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia?

Dalam buku Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan PPKN: Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila dan Karakter Bangsa karya Hamid Darmadi. Pancasila disebut sebagai perjanjian luhur bangsa. Karena digali dari sosio-budaya bangsa Indonesia sendiri dan disepakati oleh seluruh rakyat sebagai milik bangsa yang harus diamalkan dan dilestarikan.

Secara historis, ketika memproklamirkan kemerdekaan dulu, bangsa Indonesia belum memiliki undang-undang negara yang tertulis. Karena itulah PPKI mengesahkan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 berdasarkan Pancasila pada 18 Agustus 1945. Sehingga, Pancasila menjadi kesepakatan nasional untuk selamanya.

Dilansir dari buku Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara Kelas VIII karya AA Nurdiaman. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia adalah, Pancasila harus dibela selama-lamanya. Istilah ‘Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia’ juga muncul pada pidato kenegaraaan Soekarno di depan sidang Dewan Perwakilan Rakyat Gotong-Royong (DPR-GR) pada 16 Agustus 1967.

Kapan Pancasila berfungsi dan disepakati sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, dimana PPKI menetapkan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 berdasarkan Pancasila pada 18 Agustus 1945. Pada waktu itu PPKI juga menetapkan Pancasila sebagai dasar negara secara konstitusional dalam pembukaan UUD 1945.

Maka, pada saat itu pulalah Pancasila disepakati sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia.

Menurut buku Spiritualisme Pancasila karya Heri Herdiawanto dkk. Perjanjian luhur rakyat Indonesia ini dijunjung tinggi bukan karena ditemukan kembali setelah terpendam berabad-abad. Namun, juga karena Pancasila telah membuktikan kebenarannya setelah diuji oleh sejarah perjuangan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *