Manfaat yang Akan Didapat saat Menjadi Orang yang Religius

Manfaat yang Akan Didapat saat Menjadi Orang yang Religius

Manfaat yang Akan Didapat saat Menjadi Orang yang Religius

Manfaat yang Akan Didapat saat Menjadi Orang yang Religius, – Orang yang disebut religius tentunya adalah orang yang memang taat terhadap tuntunan dari agama yang dianutnya. Meskipun di dunia ini masih ada banyak orang yang menganut paham atheis namun keberadaan agama tentu memberi efek positif yang lebih banyak. Sebagian besar masyarakat di dunia ini menganut satu agama, baik Kristen, Islam, Budha, dan lain sebagainya. Indonesia pun mengakui beberapa agama yang memang umatnya diperbolehkan beribadah secara terbuka yang tentu patut disyukuri oleh warga negara kita.

Sebagai wujud pengamalan sila pertama pada Pancasila, semua warga negara Indonesia dibebaskan memeluk agama sesuai keyakinan dan diberi fasilitas pendidikan agama sejak taman kanak-kanak sesuai dengan agama yang dianut. Karena sudah terbiasa dengan ajaran-ajaran agama, banyak orang yang menjadi religius dan selalu mempraktikkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud takwa pada Tuhan Yang Maha Esa.

Tapi, selain menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan demi mendapatkan pahala, menjadi orang yang religius juga memiliki manfaat lain bagi kehidupan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat saat menjadi orang yang religius.

Meningkatkan kebahagiaan

Orang yang religius cenderung lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal American Sociological Review. Peningkatan kebahagiaan ini tidak hanya berasal dari kepercayaan. Tetapi dari kegembiraan sosial karena menjadi bagian dari kegiatan yang berkaitan dengan agama.

Misalnya, mengunjungi tempat ibadah memungkinkan orang untuk membangun jaringan sosial, ikatan yang lebih dekat, dan meningkatkan kebahagiaan hidup.

Meningkatkan kepercayaan diri

Menjadi religius juga dapat membuat seseorang merasa lebih baik tentang diri sendiri. Menurut laman https://maxbetresmi.com/, orang yang religius memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dan penyesuaian psikologis yang lebih baik daripada orang yang tidak. Tetapi, manfaat ini hanya didapat oleh orang-orang yang tinggal di negara-negara di mana agama tersebar luas dan dianggap penting.

Misalnya, temuan yang dilaporkan dalam jurnal Psychological Science. Menunjukkan bahwa orang yang religius akan mendapatkan dorongan kebahagiaan di Turki karena di sana budaya masyarakatnya memang taat beragama. Tetapi, tidak melihat manfaat menjadi religius di Swedia yang merupakan negara sekuler.

Agama memang selalu mengajarkan kita menjadi manusia yang baik agar selamat di dunia dan akhirat. Jadi, yuk perdalam lagi ilmu agama dan gunakan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Lebih bisa mengendalikan diri

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal International Scholarly Research Notices, mereka yang beragama memiliki rasa kontrol internal yang kuat. Ini kemungkinan dikarenakan saat orang berdoa, dan meminta bimbingan Tuhan, mereka merasakan kendali atas situasi mereka sendiri. Yang membantu mereka mengatasi depresi dan kecemasan.

Juga, sebagian besar asosiasi dengan iman terkait dengan bagaimana seseorang berpikir tentang dunia dan peran mereka di dalamnya. Nasihat-nasihat dalam agama selalu berkaitan dengan keterhubungan, harapan, optimisme, kepercayaan, dan tujuan, yang semuanya telah terbukti meningkatkan kesehatan mental. Ajaran untuk selalu memiliki welas asih, memaafkan, dan bersyukur juga merupakan kualitas yang sangat terkait dengan individu yang spiritual dan religius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *