Doa Anak kepada Orangtua dalam Agama Katolik

Doa Anak kepada Orangtua dalam Agama Katolik

Doa Anak kepada Orangtua dalam Agama Katolik

Doa Anak kepada Orangtua dalam Agama Katolik, – Sebagai anak, kita patut bangga dan bahagia karena Tuhan menganugerahkan kita kedua Orang Tua yang baik, yang cukup sabar dan penuh tanggung jawab memperhatikan kita sebagai anak anak mereka.

Dikutip dari laman http://utowndc.com, Kamu tidak selalu bisa mendampingi orangtuamu selamanya. Saat kamu harus merantau dan terpisah jarak, kamu harus senantiasa mendoakan mereka. Doa-doa berikut ini bisa kamu daraskan untuk orangtuamu.

1. Doa anak-anak untuk orangtua

Kalau anakmu masih kecil, kamu bisa mengajarkan anakmu untuk mendoakan orangtuanya. Kamu bisa menjelaskan apa saja yang kamu dapat dengan berdoa. Kamu bisa mengajarkan doa anak-anak untuk orangtua ini kepada anakmu:

“Yesusku, terima kasih Engkau beri aku ayah dan ibu yang baik, yang dengan sabat mendidik dan membesarkan aku. Mereka sangat menyayangi aku. Aku mohon, berkatilah mereka dalam usahanya mencukupi kebutuhan kami, baik jasmani maupun rohani. Bimbinglah mereka dengan kekuatan Roh KudusMu. Terangilah jalan hidup mereka sehingga mereka selalu berada di jalanMu, Jalan ke kehidupan kekal.

Jauhkan mereka dari sakit dan penyakit. Lindungilah mereka dari kejahatan dan kecelakaan. Hiburlah mereka di saat susah dan kuatkan pengharapan mereka dalam penderitaan. Semoga kami sekeluarga tetap bersatu dalam cinta kasihMu yang abadi. Amin.”

2. Tuhan memerintahkan umatNya dalam 10 perintah Allah untuk menghormati ayah dan ibu

Kamu tentu diajarkan untuk hormat dan menghargai orang tuamu. Tuhan mengingatkan bahwa orang yang menghormati orang tuanya akan lanjut umurnya di bumi. Ini diturunkan Tuhan dalam Ulangan 5:16,

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.”

3. Doa untuk orangtua (umum)

Beranjak dewasa, ada masa kamu mulai berbeda pendapat orangtua. Namun, kamu tetap mencintai mereka. Kamu gengsi menunjukkan itu kepada mereka langsung. Kamu bisa menyampaikan berkat dalam hidup orangtua melalui doa yang kamu panjatkan. Berikut doa untuk orangtua yang bisa kamu doakan:

“Ya Allah, Bapa yang penuh kasih sayang, kami bersyukur kepada-Mu atas orangtua kami. Lewat mereka Engkau telah menciptakan kami. Melalui kasih sayang mereka, Engkau menyayangi kami. Mereka mendidik, mendampingi, dan menuntun kami. Mereka membesarkan kami dan menjadi sahabat kami.

Berkatilah mereka senantiasa. Berilah mereka kesabaran. Terangilah akal budi mereka supaya mereka selalu bertindak bijaksana. Berilah mereka kesehatan agar tetap mampu menjalankan tugas mereka sebagai pembina keluarga. Berilah rezeki secukupnya untuk kami semua; dan hindarkanlah orangtua kami dari marabahaya. Sempurnakanlah kasih mereka satu sama lain, sehingga mereka dapat menjaga kelestarian perkawinan, dan tetap setia pada janji perkawinan mereka.

Semoga mereka dapat menjalankan tugas dengan baik bagi gereja, masyarakat, dan keluarga. Buatlah keluarga kami menjadi Gereja kecil yang selalu mengasihi-Mu dan mengasihi Yesus, Putra-Mu.

Kami mohon pula berkat-Mu untuk semua orangtua, yang dengan rela dan penuh tanggung jawab telah menjalankan tugas selaku orangtua atas anak-anak mereka. Semoga pengorbanan mereka tidak sia-sia. Bila mereka menghadapi kesulitan dan tantangan, sudilah Engkau menunjukkan jalan keluar yang diperlukan. Jangan biarkan mereka merana karena kegetiran hidup.

Kami berdoa pula bagi para orangtua yang sering dilupakan oleh anak-anak mereka. Sudilah Engkau menghibur dan menguatkan hati mereka. Teristimewa kami berdoa bagi para orangtua yang merasa gagal dalam membangun keluarga dan mendidik anak-anak. Semoga kepedihan ini tidak membuat mereka putus asa, tetapi semakin menyadarkan mereka untuk senantiasa bersandar pada-Mu.

Bapa, semua permohonan ini kami unjukkan kepada-Mu demi Yesus Kristus Putra-Mu, yang menjadi teladan kami dalam menghormati dan mengasihi orangtua. Dialah pengantara kami untuk selama-lamanya. Amin.”

4. Tuhan juga mengingatkan untuk hormat karena ini perintah yang penting agar kita selalu bahagia

Dalam kisah Taat dan Kasih dalam Efesus, kamu kembali diingatkan untuk menghormati orang tuamu agar bahagia dan lanjut umurmu. Begitu pula orang tua juga diingatkan agar mendidik anaknya dalam ajaran Tuhan.

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan juga panjang umurmu di bumi. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” (Ef 6: 2-4)

5. Tuhan mengingatkan bahwa orangtua adalah wakil Tuhan di bumi sehingga harus taat kepada mereka

Ajaran ini tertuang dalam Imamat. Tuhan mengingatkan untuk berbakti kepada orangtua dan juga percaya kepada Tuhan.

“Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau juga harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah Tuhan.” (Imamat 19:32)

Itu dia doa dan ajaran Tuhan untuk mendoakan orangtuamu. Kamu juga bisa mencari variasi doa yang berbeda sehingga bisa menyampaikan rasa syukur atas orangtuamu kepada Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *