Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu

Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu

Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu

Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu, – Bagi kamu yang memiliki rencana untuk mengunjungi tempat wisata di Negeri Gajah Putih sebaiknya kamu pelajari dulu macam-macam budaya Thailand. Meskipun saat ini Thailand sudah menjadi negara yang modern, karena ekonomi Thailand semakin membaik. Membuat semuanya di Thailand sudah serba canggih khususnya di kota-kota besar. Tetapi mereka tetap mempertahankan ciri khas budaya yang turun temurun dari nenek moyang mereka.

Dan karena letak Thailand yang dikelilingi oleh negara-negara lain, maka tak heran apabila kebudayaan Thailand juga dipengaruhi oleh budaya dari Kamboja, China, India, dan negara-negara tetangga lain di Asia Tenggara. Ketika kamu berwisata ke Thailand, kamu akan secara tidak langsung belajar dan mengenal mengenai budaya Thailand. Apalagi saat kamu berkunjung ke kuil-kuilnya.

Melansir http://ratutogel.com/, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya juga merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang yang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Dan setiap nnegara memiliki beragam budaya dan memiliki ciri khas masing-masing.

Salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki budaya turun-temurun dari nenek moyang mereka yakni negara Thailand. Berikut beberapa macam budaya Thailand yang menjadi ciri khas negara Gajah Putih ini dan yang menarik perhatian para wisatawan berkunjung ke negara sana.

Menganut kepercayaan atau agama secara kental

Mayoritas agama di Thailand adalah agama Theravada Buddha dengan minoritas dari Muslim, Kristen, dan agama lainnya. Buddhisme di Thailand sangat dipengaruhi oleh kepercayaan tradisional mengenai roh leluhur dan roh alam.

Hal mistis namun unik yang bisa dijumpai di tempat-tempat umum dan di jalan-jalan Thailand. Yakni rumah-rumah kayu miniatur yang dimaksudkan sebagai tempat roh rumah tangga hidup. Rumah miniatur ini diberikan persembahan makanan dan minuman untuk membuat roh-roh senang. Sebab menurut keyakinan mereka jika para roh tidak bahagia, maka para roh bisa mengakibatkan kehidupan mereka terganggu.

Wai atau ucapan penyambutan

Ucapan penyambutan di Thailand adalah isyarat yang disebut ‘’Wai’’ yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang (kedua belah tangan ditangkupkan).

Ada dua jenis wai yang lazim dipraktikan, pertama wai yang dilakukan dengan menangkupkan kedua telapak tangan di depan dada dan kepala sedikit merunduk ke depan, lalu diikuti ucapan selamat datang, terima kasih, atau ucapan maaf. Wai jenis pertama ini dilakukan sebagai rasa hormat kepada orang yang lebih senior, kepada atasan, dan kepada orang-orang yang berstatus lebih tinggi.

Yang kedua dilakukan dengan menangkupkan kedua telapak tangan kemudian tempelkan kedua ujung ibu jari di dahi tepat di antara titik temu alis di atas hidung, diikuti dengan bungkukkan badan.

Wai jenis ini tidak diikuti dengan ucapan apapun baik terima kasih, selamat datang, ataupun maaf. Wai jenis kedua ini hanya ditujukan kepada rahib Buddha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *