Budaya dan Tradisi di Korea Saat Berulang Tahun

Budaya dan Tradisi di Korea Saat Berulang Tahun – Merayakan ulang tahun adalah hal yang menyenangkan. Tak hanya sebatas makan-makan dan kumpul bersama keluarga, perayaan ulang tahun bisa menjadi ucapan syukur karena telah diberi umur panjang untuk bisa berkumpul bersama keluarga lagi.

Miyeok-guk dan Doljanchi, Tradisi Ulang Tahun Warga Korea Selatan yang  Harus Kamu Tahu - iniKpopTernyata, tradisi perayaan ulang tahun di tiap negara berbeda, termasuk di Korea, guys! Korea memiliki kebudayaan unik dalam peringatan hari ulang tahun. Penasaran? Yuk, simak budaya perayaan ulang tahun di Korea!

1. Perhitungan umur di Korea Selatan berbeda dengan perhitungan umur pada umumnya

Menurut https://116.193.191.130/ Dalam menentukan umur, Korea memiliki dua perhitungan, yaitu perhitungan usia internasional dan usia korea. Yang pasti, usia korea akan lebih tua satu hingga dua tahun daripada usia internasional.

Singkatnya, bayi yang baru lahir sudah berusia satu tahun. Umur mereka akan bertambah lagi ketika tahun baru lunar (seollal ; 설날). Misalnya, Jeon Jungkook lahir pada tahun 1 September 1997. Dalam usia internasional, saat ini ia berusia 23 tahun. Namun, saat seollal (설날) nanti, dia akan berusia 25 tahun.

2. Ada beberapa makanan wajib saat ulang tahun

Mengkutip dari http://tehila-lashem.com/ Saat hari ulang tahun akan terasa kurang lengkap jika tidak ada sup rumput laut (miyeokguk ; 미역국). Awalnya, sup rumput laut ini sering kali dikonsumsi oleh para ibu sehabis melahirkan karena rumput laut kaya akan nutrisi untuk proses pemulihan. Sehingga, memakan sup rumput laut saat ulang tahun mereka merupakan salah satu upaya untuk mengenang kasih ibu yang mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan mereka.

Tak hanya sup rumput laut, orang korea juga percaya memakan mie dan kue beras saat ulang tahun akan membawa keberuntungan. Bentuk mie yang panjang menandakan umur yang panjang dan hidup sehat. Sedangkan memakan dan membagi kue beras sebanyak-banyaknya kepada kerabat, tetangga, dan saudara dipercaya akan mendatangkan keberuntungan

3. Wajib ada perayaan untuk umur-umur tertentu

Perayaan merupakan salah satu bentuk ucapan syukur karena masih diberikan kehidupan. Setiap pertambahan umur tentunya tak kalah istimewa dan harus disyukuri. Namun, budaya Korea memiliki waktu tertentu dalam merayakannya. Mereka biasanya merayakan ulang tahun dengan mewah pada hari ke 100, dua tahun, 60, 70, dan 80 tahun.

Mereka hanya akan makan-makan dengan keluarga terdekat di restoran. Sedangkan untuk perayaan usia 70 tahun dan 80 tahun, hingga saat ini masih sering di temui. Mereka akan mengadakan pesta yang besar dan di hadiri oleh keluarga besar. Namun ada juga beberapa dari mereka yang memilih untuk tidak mengadakan pesta, melainkan berdonasi bagi mereka yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *