Bom di Gereja Katedral Makassar, Wapres: Itu Menyalahgunakan Agama

Bom di Gereja Katedral Makassar, Wapres: Itu Menyalahgunakan Agama

Melansir dari tehila-lashem.com, Jubir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, memberikan respons atas bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral di Jalan Kartini, Makassar pada Minggu (28/3/2021). Masduki mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan pemahaman tentang agama.

“Ini salah besar. Saya berharap pihak kepolisian segera mencari tahu siapa pelakunya, siapa dalangnya, apa latar belakangnya, semua segera bisa di ungkap,” ujar Masduki dalam keterangan tertulis.

1. Masyarakat di minta tidak berspekulasi

Masduki berharap bahwa masyarakat tidak berspekulasi tanpa dasar yang jelas. Sebab, hal itu hanya akan menimbulkan kekeruhan di media sosial dan juga seluruh kalangan masyarakat.

“Kita serahkan semua kepada polisi dan mudah-mudahan masyarakat sudah cukup dewasa dan tidak terprovokasi,” ungkap beliau.

2. Bom bunuh diri terjadi di Gereja Katedral Makassar

Di kutip dari dotdotdot.me, sebuah ledakan telah terjadi di depan Gereja Katedral di Jalan Kartini, Makassar pada Minggu (28/3/2021). Ledakan tersebut merupakan sebuah aksi bom bunuh diri. Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Merdisyam, beliau mengatakan bahwa, dalam kejadian tersebut telah di temukan potongan tubuh yang di duga sebagai potongan tubuh dari pelaku yang melakukan aksi bom bunuh diri.

“Di mungkinkan itu pelaku,” ujar Merdisyam.

Lokasi ledakan menurut Merdisyam, berada di gerbang gereja. Akibat dari ledakan tersebut, kata beliau, ada lima orang petugas dan empat orang jemaat yang menjadi korban serpihan bom.

3. Pelaku bom sebanyak dua orang

Sementara, Pastor Gereja Katedral Makassar Wihelmus Tulak, beliau mengatakan bahwa, pelaku dari aksi bom bunuh diri ini berjumlah dua orang.

“Pukul 10.30 sesudah misa pertama. Pelaku naik motor 2 orang, mau masuk gereja, tapi di tahan petugas keamanan,” kata Wihelmus saat di wawancarai.

beliau menjelaskan bahwa, akibat dari ledakan aksi bom bunuh diri ini jendela di gereja juga mengalami kerusakan. Kaca-kaca hotel yang berada dekat atau di sekitar Gereja Kathedral Makassar pun juga ikut rusak akibat ledakan bom bunuh diri tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *